Pindahkan data Kerja

Mengapa judul diatas dibuat? ide ini muncul ketika banyak sekali user yang saya tangani masih menyimpan data, musik, gambar kesayangan di partisi system/drive c: (partisi system=tempat nongkrongnya folder windows, program files serta document and setting). Kenapa hal ini begitu pentingnya ? ya, jika di anologikan folder (tempat menaruh file) adalah sebuah gudang serta partisi system adalah posisi gudang yang rawan banjir maka apakah bijak bila kita menyimpan barang-barang berharga diposisi gudang yang rawan banjir yang setiap saat akan menghanyutkan isi bahkan gudang kita tersebut sehingga kita mengalami kerugian yang cukup besar.

Nah , partisi system ini sangatlah rawan karena karena bila virus menyerang komputer anda maka daerah ini yang pertama kali diinfeksi atau bila kebetulan system komputer anda rusak maka daerah ini pula yang mengalami kerusakan paling parah sehingga peluang kehilangan data sangatlah tinggi. Selain itu menyimpan data di partisi system bisa membuat komputer anda menjadi lambat karena partisi systemnya menjadi penuh sehingga buat bernafas saja agak ngos-ngosan. Selayaknya partisi system minimal harus mempuyai space kosong sepertiga dari ukurannya untuk memberi ruang gerak bagi system operasi.

Lalu sebaiknya bagaimana? langkah yang bijaksana adalah memindahkan seluruh data kesayangan ke partisi selain partisi system. Jadi anda minimal harus mempunyai 2 partisi pada komputer. Pertanyaannya bagaimana bila komputer kita hanya mempunyai 1 partisi, maka untuk membuat partisi tambahan salah satu caranya adakah memakai bantuan software seperti Partition Magic, tetapi kali kita tidak membahas bagaimana membuat partisi tambahan.

Selain data yang kita buat sendiri foldernya pada partisi system ada beberapa data yang dibuat foldernya oleh system operasi yang digunakan seperti folder My Documents dan folder email Outlook Express. Berikut caranya agar folder-foder tersebut bisa pindah ke partisi data sehingga bila kita menyimpan file pada folder tersebut otomatis akan pindah :
Untuk folder My Document :
Buat folder MyDocument di partisi selain partisi system di Windows Explorer
Buka Windows Explorer lalu klik kanan folder My Documents.
Pilih Properties , lalu muncul jendela baru
Pilih Move, lalu muncul jendela baru.
Arahkan pada folder yang dibuat sebelumnya pada partisi data.
Lalu pilih OK
Sekarang anda bebas menyimpan data pada My Documents.

2. Untuk folder Email dari Outlook Express :
Buat folder emial di partisi selain partisi system di Windows Explorer
Buka Outlook Express lalu klik tools — option
Pilih Tab Maintenance — lalu pilih Store Folder
Lalu muncul windows Store Loacation , pilih Change
Lalu muncul windows browse folder, arahkan pada folder “emai” yang baru dibuat tadi
Lalu pilih OK
Sekarang email yang anda simpan sudah berpindah pada partisi data.

Demikian tutorial dari saya, semoga kita tidak bertindak bodoh lagi dalam mengelola file. Trik seperti ini juga sangat diperlukan bila kita ingin memprotek komputer kita dengan menggunakan bantuan Deepfreeze. Mungkin lain kali akan saya paparkan bagaimana memproteksi komputer menggunakan Deepfreeze.

0 comments:

Post a Comment