SEO di Wordpress


Bagi siapapun tentu saja menginginkan webnya supaya cepat dikenali oleh search engine. Ada banyak cara supaya situs kita masuk ke searching engine dan memiliki popularitas atau peringkat yang baik di search engine, Salah satunya adalah dengan mengatur pada tag area head. Pada head ini ada beberapa tag meta yang biasa di index oleh search engine. Misalnya title, description, dan keyword. Parameter-parameter tersebut akan lebih efektif jika sesuai dengan content situs kita. Bagi anda yang menggunakan blog misalnya wordpress tentu akan mengalami kesulitan dalam mengubah meta description dan meta keyword supaya sesuai dengan content situs anda. Anda harus mencari dan merubah sendiri script pada file header template yang di gunakan.


Sebelum kita mengubah tag meta, lebih simple kita mengubah search engine friendly pada wordpress. Secara default, ketika klik posting di wordpress link yang ditampilkan adalah seperti http://namadomain.com/?p=123. Nah sekarang kita akan mengubahnya menjadi http://namadomain.com/posting-pertama.htm. Silahkan masuk ke admin wordpress Pilih tab Options >> Permalink . Pada pilihan checkbox yang ada silahkan centang >> Custom, specify below dan pada kotak Custom structure isikan teks berikut /%postname%.html. Lalu edit file .htaccess, dan tambahkan baris berikut :



PLAIN TEXT

CODE:




  1. RewriteEngine On


  2. RewriteBase /


  3. RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f


  4. RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d


  5. RewriteRule . /index.php [L]





Refresh website Anda, dan coba klik salah satu postingan anda.

Para pencinta wordpress telah memberikan kemudahan kepada anda dalam mengatasi hal tersebut. Mereka membuat plugin wordpress yang bisa memudahkan anda mengedit tag meta tanpa harus mengutak-atik script yang bisa membuat anda pusing. Plugin tersebut adalah All in One SEO Pack anda bisa mendownloadnya di SINI. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut:




  1. Setalah anda sukses download file all in one seo pack.zip

  2. Silahkan anda masuk ke cPanel >> File manager.

  3. Anda masuk ke direktori wordpress, masuklah ke wp-content >> pluginAnda klik upload file, dan uploadlah file .zip yang telah anda download tadi.
    setelah proses upload selesai, klik nama file yang baru saja di upload. Anda
    perhatikan di area sebelah kanan ada pilihan untuk mengekstrak file.


  4. Jika sudah selesai mengextrak file .zip tadi, silahkan anda masuk ke admin wordpress.

  5. Anda masuk ke tab plugin dan anda klik Activate pada plugin all in one seo pack.

  6. Setelah mengaktifkan plugin, silahkan anda masuk ke tab option >> all in one seo.Silahkan anda edit tag meta dan anda sesuaikan dengan content homepage anda.


Sebagai tambahan, untuk menambah efektif indexing search engine usahakan artikel atau posting
di bubuhi teks yang unik. misalnya dengan kata kunci search engine, usahakan dalam artikel anda
terdapat banyak kata yang mengandung teks search engine dengan accesoris tambahan seperti Cetak Tebal, atau garis miring, ataupun teks bergaris. Selamat mencoba! )

0 comments:

Post a Comment