Tools Baik dan Tools Jahat

Program tidak ada yang namanya baik dan jahat, semua itu tergantung dari si penggunanya, untuk bertujuan untuk sesuatu hal yang baik atau untuk sesuatu hal yang jahat. Jika dilakukan untuk sebuah kebaikan, maka program itu akan menjadi baik, dan sebaliknya.


Keamanan


Password Aman : Mimpi di Siang Bolong


Tidak ada jaminan password Anda aman 100%. Untungnya, itu juga berarti tools yang baik dan jahat dapat membantu Anda menemukan kembali password yang terlupakan atau mencari celah keamanan suatu sistem.


Office Password Recovery


OS : Windows 98, 2000, Me, XP, Vista


Info : www.elcomsoft.com


Advanced Office Password Recovery (sekitar US$ 50) dapat membuka dokumen Office yang terproteksi dalam beberapa menit. Awalnya, tool ini memakai koleksi “Kamus Lengkap”-nya. Selanjutnya, digunakan metode Brute Force (mencoba semua kombinasi huruf dan angka). Tergantung tingkat keamanan password dan performa CPU, prosesnya dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa bulan.


Tips : Lindungi PC Anda dari tool pembongkar password ini dengan sebuah password aman yang minimal terdiri dari atas 8 karakter (huruf, angka, dan karakter khusus). Agar mudah mengingatnya, gunakan huruf awal sebuah kalimat tertentu seperti, misalnya “Akhirnya sebuah password yang aman untuk kedua PC saya”. Passwordnya adalah “AsPyaukPs”.


Personal Software Inspector


OS : Windows 2000, XP, Vista


Info : www.secunia.com


Umumnya hacker memanfaatkan kesalahan Windows untuk dapat menembus proteksi PC. Agar dapat mengetahui apakah PC Anda aman, gunakan Personal Software Inspector (PSI) dari Secunia. PSI men-scan PC dan memeriksa berdasarkan sebuah database aplikasi yang berisi 4.200 entries, apakah ada program rentan hacker yang ter-install. Selain itu, PSI menawarkan link download untuk update.


Tips : Untuk meng-install tool di bawah Vista, dibutuhkan hak administrator. Tidak ada sertifikasi dari Microsoft, karena itu abaikan peringatan yang muncul.


SpyAgent


OS : Windows 2000, XP, Vista


Info : www.spytech-web.com


Apakah Anda mengetahui secara rinci, apa saja yang diperbuat anak Anda pada PC? Dengan SpyAgent (sekitar US$ 50), Anda dapat melacak aktivitasnya. Selain feature standar seperti merekam input keyboard dan mouse, Anda juga bisa mencatat website mana saja yang dikunjungi dan program mana yang dijalankan. Bila diinginkan, program ini juga dapat mengirimkan laporan kepada Anda di kantor.


Tips : Edisi Stealth (optinal), akan di-install setelah klik ganda dan otomatis start. Hanya Anda yang tahu keberadaan software ini pada PC karena ia tidak meninggalkan jejak.


John the Ripper


OS : Windows 2000, XP


Info : www.openwall.com


Dengan John the Ripper, hacer dapat masuk dengan account pengguna. Anda dapat mengakses kembali PC yang terblokir dengan bantuan program ini. Di Windows 98, 2000, dan XP, password pengguna di enkripsi dengan metode DES (Data Encryption Standard) yang relatif kurang aman. Metode proteksi seperti ini dapat ditembus oleh John the Ripper tanpa banyak kesulitan. Beberapa tahun lalu, di butuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkan password 6 karakter dengan huruf besar dan kecil (kini cukup 10 jam). Panduan sederhana tool ini tersedia di www.govermentsecurity.org/articles/BasicJTRtutorial.php.


John the Ripper tidak dapat menembus password pengguna di Vista karena Microsoft telah menggunakan algoritma baru yang hingga kini masih aman.


Tips : Memecahkan password yang rumit perlu waktu berbulan-bulan. Namun, dengan versi khusus Distributed John the Ripper dan beberapa PC sekaligus, hanya dibutuhkan beberapa jam.


Asterisk Logger


OS : Windows 98, 2000, XP


Info : nirsoft.net.utils/astlog.html


Praktis, Outlook mengingat password untuk e-mail account dan menggantinya dengan simbol asterik. Apabila Anda tidak mencatatnya dan suatu hari lupa, tidak perlu panik. Asterisk siap membantu. Cukup jalankan tool yang selanjutnya mencatat semua password tersembunyi.


Tips : Untuk password yang disimpan dapat Internet Explorer dibutuhkan program tambahan AsterWin IE.


Multimedia


Musuh Bebuyutan DRM dan Proteksi Copy


Hampir semua pihak menjual content multimedia dengan proteksi copy. Kadang bukan hanya mengesalkan, tetapi juga membuat sistem crash. Tool hacker dapat membantu mengatasinya (bila memang tidak melanggar hukum).


AnyDVD


OS : Windows XP, Vista


Info : ILEGAL


Program yang banyak mengundang kontroversi ini umumnya dilarang di banyak negara. Bahkan, memberi link ke file-nya instalasi pun dilarang. AnyDVD dapat dipakai untuk menembus proteksi copy DVD. Namun, bagi beberapa pengguna, AnyDVD justru bermanfaat. Selain menonaktifkan regional code, proteksi copy-nya juga dapat dinonaktifkan, terutama proteksi super kuat seperti X-Protect (dikeluhkan karena DVD yang dibeli secara legal pun tidak dapat diputar). DVD dengan proteksi Flux (belakangan ini banyak digunakan), seperti pada film “Apocalypto” juga didukung oleh program ini.


Tips : AnyDVD juga dapat mempermudah pengguna format HD baru (dapat menonaktifkan proteksi copy HD-DVD dan BluRay). Ini berarti, pengguna hanya perlu memiliki sebuah player murah, dan uang yang dihemat dapat dipakai membeli komponen HDCP baru, seperti graphics card atau monitor.


FairUser4VM


OS : Windows XP, Vista


Info : ILEGAL


Microsoft pernah meminta polisi melacak programmer program ini – ‘viodentia’. Tidak mengherankan kareha FairUse4VM dapat menjebol proteksi DRM yang diterapkan pada banyak layanan musik online Microsoft. Tool ini tidak mendukung pencurian data. Pengguna harus membeli lagu dan lisensinya untuk kemudian di pakai untuk ‘mencomot’ DRM-nya.


Seorang hacker lain kini mengambilalih pengembangan program dan belum lama ini mempublikasi sebuah versi yang dapat mengatasi semua proteksi Microsoft tersebut. Dengan demikian, FairUser4VM pun berjalan di Vista dengan Media Player 11.


Tips : Untuk mengantisipasinya, Microsoft menggunakan fasilitas Microsoft Update untuk Media Player. Belakangan, beredar panduan di Internet untuk men-download versi 11 ke 10 agar FairUse4VM kembali dapat berfungsi.


Miro


OS : Windows XP, Vista


Info : www.getmiro.com


Dari YouTube, Google Video, hingga BBC tersedia berbagai klip di Internet yang sayangnya masih tersebar! Player ini dapat Anda gunakan untuk mencari klip di berbagai layanan tersebut, men-download, dan menyimpannya. Feature ini biasanya tidak tersedia di website YouTube.


Hasil pencarian dapat disimpan sebagai saluran tersendiri. Dalam Miro Guide terdapat sekitar 2.000 saluran (beberapa dalam format HD). Selain itu, Miro pun dapat digunakan sebagai pengganti Media Player untuk memutar film yang ada pada hard disk.


Tips : Apabila Anda memilih ‘Library’, Miro menampilkan semua video yang terakhir di tonton. Bila Anda, misalnya mengklik ‘Details’ sebuah video YouTube dan mengaktifkan ‘Permalink’-nya, Miro akan membuka website YouTube tersebut.


QT Lite


OS : Windows 2000, XP, Vista


Info : www.codecguide.com


Banyak klip di Internet, misalnya trailer, tersedia dalam format MOV dari Apple. Di Windows, hanya QuickTime yang dapat memutarnya. Namun, tidak semua pengguna ingin meng-install player Apple ini.


Sebenarnya tersedia, “QuickTime Alternatif” yang menyediakan decoder minimalis tanpa player. Namun, karena ditekan Apple, proyek ini dihentikan. Baru-baru ini beredar sebuah QuickTime hack dengan nama QT Lite yang juga berfungsi sama. Sebagai player untuk file MOV, tersedia Media Player Classic yang bekerja sama dengan baik dengan QT Lite.


Tips : QT Lite mengintegrasikan sebuah fasilitas untuk mendownload. Apabila Anda mengklik sebuah link streaming, pengguna dapat memilih, apakah inign langsung melihat video tersebut atau menyimpannya terlebih dulu pada hard disk.


Internet


Tool-tool Internet Menemukan WLAN dan Password


Idealnya, setiap koneksi Internet dienkripsi agar lebih aman dari penyadapan hacker. Cukup dengan tool khusus, lalu lintas data mudah disadap oleh mereka. Biasanya di dalam lalu lintas data terdapat password untuk e-mail account atau WLAN yang tidak ‘dibungkus’ dengan aman. Dengan demikian, sedikit langkah penyadapan sudah cukup untuk mendapatkan kunci WEP/WPA.


Wireshark


OS : Windows 2000, XP, Vista


Info : www.wireshark.org


Wireshark menganalisis lalu lintas Internet dan menampilkannya secara langsung. Ia mendukung sekitar 472 protokol, termasuk Virtual LAN dan Ipv6 Vista. Apabila Anda memeriksa e-mail melalui koneksi web tanpa enkripsi, password-nya tercatat dalam log Wireshark. Informasi login dan website yang telah dikunjungi juga dapat dibaca dari lalu-lintas data.


Tips : Karena program menampilkan lalu lintas Internet tanpa disaring, info tersebut memang sulit dipahami oleh pengguna awam. Simak panduan lengkapnya di www.ethereal.com/docs/eug_html.


Network Share Browser


OS : Windows 98, 2000, XP


Info : www.bysoft.com


PC Anda bisa menyebarkan data-data penting tanpa Anda ketahui! Selain sharing standar sistem drive Windows, umumnya juga ada network sharing yang dibuat oleh pengguna dan seringkali terlupakan. Ini bisa menjadi masalah keamanan. Oleh karena itu, tutup semua sharing yang tidak dibutuhkan. Gunakan program Network Share Browser yang dapat menampilkan sharing pada PC dalam sebuah tabel.


Tips : Bila memang diinginkan, sharing pribadi Anda dapat “bersembunyi” dari proses pencarian yang dilakukan oleh program ini. Cukup tempatkan tanda ‘$’ setelah nama sharing tersebut. Apabila sudah saat Anda ingin mengakses sharing tersebut dari PC lainnya, masukkan nama sharing secara manual. Ingat, sharing tetap tidak tampak di jaringan.


Wireless Key View


OS : Windows 2000, XP


Info : http://nirsoft.net


Hampir semua orang pernah mengalaminya : Setelah sistem crash, konfigurasi ulang notebook harus dilakukan agar kembali terkoneksi dengan WLAN. Mudah bila Anda masih ingat password-nya. Apabila Anda lupa, satu-satunya cara adalah me-reset router, menginput lagi semua data dan menunggu beberapa jam hingga dapat mulai berselancar. Dengan Wireless Key View, masalahnya akan lebih mudah karena ia dapat membaca WLAN password Anda. Ia juga mendukung standar WPA yang relatif aman.


Tips : Tool tidak mendukung WPA2 dengan enkripsi AES. Agar terlindung dari serangan hacker, update firmware router Anda sesuai panduan. Password-nya tidak boleh Anda lupakan, karena bila hal itu terjadi, Anda terpaksa harus me-reset router dan mulai lagi dari awal.


Wlandscape


OS : Windows 98, 2000, XP


Info : www.wlandscape.net


Windows dapat menampilkan WLAN di sekitar Anda. Wlandscape selangkah lebih jauh dengan mengintegrasikan info ke dalam peta. Ia tidak hanya mencari WLAN, tetapi juga melokalisirnya berdasarkan kekuatan sinyal. Selanjutnya pada peta tampak WLAN di sekitar Anda berikut metode enkripsi yang digunakan.


Tips : Apabila Anda tidak ingin memasukkan data lokasi secara manual, cukup hubungkan program ini dengan sebuah penerima GPS. Tool menampilkan lokasi aktual Anda, WLAN yang ada, dan lokasinya pada peta.


Online


Akses Tanpa Jejak di Internet


Agar lebih aman saat berselancar di dunia maya, lengkapi PC Anda dengan berbagai program pilihan berikut ini.


TOR, Vidalia, Privoxy


OS : Windows 98, 2000, Me, XP, Vista


Info : http://tor.eff.org


Apabila Anda ingin berselancar anonim, TOR (The Onion Router) adalah pilihan pertama. TOR client meneruskan koneksi Anda secara terenkripsi melalui sebuah jaringan server anonim ke Internet. Dengan permainan “tak umpet” ini dari luar sulit diketahui, dari mana Anda berselancar. Efek sampingnya, kecepatan Anda saat berselancar sedikit lebih lambat. Web proxy yang berbasis CGI menyediakan koneksi lebih cepat. Tetapi Anda perlu berharap, pengelola menangani data Anda secara rahasia. TOR versi terbaru kini lebih mudah digunakan oleh pengguna dengan bantuan GUI Vidalia dan tool proxy Privoxy. Ia juga menyaring lalu lintas web dan menghentikan permintaan data pengguna. TOR sendiri hanya menyamarkan alamat IP sebenarnya.


Tips : Layanan musik Pandora (www.pandora.com) sejak beberapa bulan ini tidak dapat lagi diakses dari luar AS. Namun pengguna di luar AS, tetap dapat mengaksesnya dengan TOR, pengguna dari luar AS dapat berbuat seolah-olah PC mereka berada di AS dan dapat mengakses Pandora. Triknya : TOR diatur sedemikian rupa agar server terakhir berada di AS. Sever yang mana dapat diketahui melalui ethernet card dalam Vidalia. Konfigurasinya dilakukan dalam file teks ‘torcc’ dengan Notepad. Perlu diingat, Anda berisiko melanggar hukum di negara tertentu.


Firefox, User Agent Switcher


OS : Windows 98, Me, NT, 2000, XP, Vista


Info : www.mozilla.com


Ingin mengakses website yang tidak gratis, tetapi tidak ingin membayar sepeser pun? Meskipun bukan cara terbaik, tapi sangat mudah dilakukan. Peselancar hanya perlu menyamarkan browser sebagai Googlebot yang boleh kemana saja.


Website yang tidak gratis akan membiarkan robot pencari Google lewat, karena tugas indexation-nya untuk hitlist. Untuk Firefox, Anda dapat meng-install sebuah plugin User Agent Switcher yang melaporkannya sebagai browser lain di website.


Pada plugin, masuklah ke “Options” dan buat sebauh profil baru di bawah “User Agents | Add”.


Tuliskan di bawah “User Agent” baris berikut: ‘Googlebot/2/1(http://www.google.com/bot.html)’.


Kini Anda dapat memilih ‘Googlebot’ di bawah ‘Tools User Agent’ dan berselancar di website yang selama ini tertutup bagi Anda.


Namun, itu hanya dapat dilakukan bila webmaster tidak memprogram website dengan cermat. Soalnya melalui alamat IP ia dapat mengetahui bahwa Anda bukanlah sebuah Googlebot.


Tips : Setting Googlebot sebagai User Agent juga menjamin selancar yang aman di website yang berbahaya. Soalnya website sering menyembunyikan JavaScript dari Googlebot agar tampak tidak berbahaya di mata Google dan dicantumkan ke dalam daftar pencarian.


PeerGuardian


OS : Windows 98, 2000, XP


Info : www.phoenixlabs.org


Cukup dengan berselancar di Internet dan mengunjungi website, orang lain dapat mengambil keuntungan dengan memata-matai perilaku selancar Anda. Tidak berbahaya, bila hanya profil pengguna yang dijual. Masalah akan terjadi bila di belakangnya berdiri industri musik yang ingin mengetahui, apa saja yang Anda download dari bursa tukar di Internet.


PeerGuardian bertindak seperti firewall dan memblokir permintaan IP berdasarkan daftar yang selalu di-update. Namun, walau Anda tidak ada kontak dengan eMule atau BitTorrent, tool ini juga dapat digunakan untuk ‘menangkap’ berbagai jenis adware dan spyware.


Yang perlu diingat, Blocklist harus selalu aktual. Anda pun dapat mengimpor daftar lainnya, misalnya dari Community bluetack (www.bluetack.co.uk). Tool Blocklist Manager dapat mengkonversi list tersebut ke format PeerGuardian.


Tips : Dalam forum PeerGuardian (http://forums.phoenixlabs.ort) belum lama ini juga tersedia sebuah versi Vista.


Cryptload


OS : Windows 98, 2000, XP


Info : www.cryptload.info


Website file hosting perlahan berbuah menjadi distributor film, foto, dan lagu. Masalahnya, file-file yang ada di Rapidshare, Megaupload, dan sejenisnya jarang legal. Apabila pengelola host site mengetahui adanya copy bajakan yang disebar luaskan, ia akan memblokir akses ke account tersebut dan menghapus datanya.


Peng-upload pun harus meng-encrypt access link-nya sehingga pe-download membutuhkan tool seperti Cryptload untuk dapat men-download melalui link tersebut. Selain itu, tool ini juga menawarkan feature bagi pelanggan yang membayar untuk men-download file lebih cepat.


Tips : Anda pun dapat mengakses website dengan sistem otomatisasi, seperti meminta kombinasi angka dari sebuah gambar JPEG sebelum download. Tujuannya adalah menangkal download massal dengan software grabber. Cryptload memiliki fungsi OCR terintegrasi yang secara otomatis menghitung kombinasi angkat tersebut.



sumber :louis7zen.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment