INSPIRASI, Sumber Sukses!

Ditengah kondisi ekonomi yang masih sulit melkita negeri ini dengan badai krisis moneter yang menghantam sejak tahun 1998 ditambah dengan kenaikan BBM baru baru ini, tak jarang mengendorkan semangat dan memudarkan asa dan harapan serta impian kita. Kesuksesan yang dicita-citakan sepertinya cuma tinggal impian belaka.

Tapi jangan manjakan rasa pesimis kita ditengah kondisi yang menimpa bangsa ini. Apapun kondisinya masih ada jalan menuju sukses. Caranya? Yaitu menurut saya dengan mencari sumber inspirasi sukses. Seperti yang sudah saya bahas di edisi sebelumnya, berpikir Positif adalah salah satu kuncinya! namun dalam edisi kali ini saya akan berikan salah satu hal yang lain yaitu apa yang kita kenal dengan Inspirasi!.

Inspirasi mempunyai kekuatan-kekuatan yang mampu merangsang otak kita untuk mendapatkan ide-ide segar dan menemukan bagaimana kita memecahkan masalah yang tengah kita hadapi. Konon inspirasi-inspirasi tertentu dapat menggugah semangat kita untuk mencapai apa yang kita dicita-citakan.

Pertanyaannya adalah darimana kita dapatkan sumber inspirasi sukses itu? Menurut saya beberapa sumber inspirasi sukses bisa kita peroleh dari:

Kisah sukses di sekeliling kita
Sebenarnya banyak contoh-contoh sukses disekeliling kita, dari yang terdekat adalah keluarga kita sendiri. Kita dapat melihat ayah kita yang sukses didalam karirnya, Ibu kita yang suskes dengan pekerjaannya, tetangga depan atau samping rumah kita yang sukses menjalankan bisnis usahanya. Teman kita yang telah sukses dalam pekerjaannya karena mengelola usahanya hingga mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat, Atasan kita yang cukup sukses didalam menjalankan bisnisnya dengan memimpin anggota timnya dan perusahaannya. Hal ini sebenarnya sering kita temui namun selalu luput dari pengamatan kita. Saran saya adalah, tanyailah dan belajarlah dari pengalaman serta perjuangan yang telah dijalaninya didalam mencapai kesuksesan tersebut. Kita bisa belajar cara mereka mencapai sukses!

Kisah sukses public figure atau orang-orang terkenal
Coba Kita ikuti kisah sukses seorang tokoh terkenal yang menjadi idola Kita. Simak bagaimana dia bisa meniti kesuksesan. Kita bisa mengetahuinya lewat surat kabar, televisi, dan media lain yang memuat kisah suksesnya. Walau tidak berpengaruh langsung pada kesuksesan Kita, tapi kisah sukses orang-orang terkenal bisa menjadi sumber inspirasi Kita untuk meraih sukses.

Cerita fiksi
Sering kita menonton film bioskop, sinetron, novel, atau telenovela. Meski ceritanya banyak yang tak masuk akal dan terkesan dibuat buat, tapi ada beberapa yang menyelipkan pesan positif dalam meraih sukses. Walau ceritanya mustahil dan ajaib  tapi mungkin bisa menjadi sumber inspirasi Kita didalam menggapai sukses.

Mimpi
Saya pernah membaca kaos bikinan Joger Bali yang digunakan oleh rekan kerja saya ketika bersama-sama sedang memberi kelas dalam suatu Training, dimana disitu tertulis Muda foya-foya, Tua kaya raya, Mati masuk Sorga sebuah pesan yang menggelitik pikiran kita dan terkesan sederhana, tetapi sebetulnya mengandung pesan positif dibalik itu. Kita pasti pernah bermimpi menjadi orang yang kaya, terkenal, dan bahagia? Jika ya kembangkan mimpi Kita. Tidak selamanya mimpi itu buruk. Jika Kita terobesi akan mimpi Kita, Kita justru akan berusaha mewujudkannya. Bukankah kadang kesuksesan justru berawal dari sebuah mimpi dan khayalan kita?

Pertanyaan terakhir adalah? Bagaimana dengan Kita sendiri? Sudahkah Kita menemukan inspirasi sukses Kita? Kalau sudah, inspirasi tersebut jangan cuma 'ditampung' dalam otak Kita. Berusahalah untuk merealisasikan inspirasi tersebut. Siapa tahu sukses itu memang milik Kita. Seperti kata rekan saya Krishnamurti, Anything Is Possible If You Really Want To.

Melalui tulisan ini saya atas nama Direktorat Job Placement and Career Center Universitas Surabaya mengucapkan Proficiat!! Bagi wisudawan Universitas Surabaya Nopember 2005. Saya teringat pesan ayah saya ketika saya diwisuda yaitu Wisuda bukanlah akhir dari segalanya, melainkan tanda pintu masuk kedalam dunia kerja baru saja dibuka!

0 comments:

Post a Comment