Kebotakan

Tiap orang baik pria, wanita dan anak-anak dapat mengalami kebotakan. Tipikal kebotakan cenderung karena terlalu banyak kerontokan rambut dari kulit kepala dan dapat disebabkan faktor keturunan, efek samping pengobatan atau karena penyakit tertentu.

Istilah medis untuk kebotakan adalah alopecia. Jenis yang umum ditemui adalah androgenetic alopecia, memiliki tipikal permanen dan biasanya bersumber dari faktor keturunan. Faktanya, sekitar 95 persen dari kebotakan disebabkan karena faktor keturunan, seperti yang dipublikasikan Mayo Foundation for Medical Education and Research.

Jenis lain kebotakan adalah alopecia areata, biasanya diderita hanya sementara. Dialami hampir 2 persen dari populasi dan selain rambut dari kulit kepala, kerontokan juga dialami pada rambut di bagian tubuh lainnya. Penyebab kebotakan jenis ini, para ahli kesehatan belum bisa memastikan.

Indikasi dan gejala

Jika mengalami androgenetic alopecia, anda akan mengalami kerontokan rambut yang dimulai pada usia sepuluh tahun. Bagi pria, jenis kebotakan ini memiliki karakteristik kerontokan rambut pada kulit kepala bagian depan atas Jika berlanjut, bisa tetap hanya pada bagian tersebut atau botak secara total.

Wanita dengan androgenetic alopecia biasanya hanya mengalami sedikit kerontokan rambut pada bagian kulit kepala depan atas, samping dan atas. Kebotakan total pada wanita jarang ditemui.

Penyebab

Hampir 90 persen kebotakan dari kulit kepala adalah kumulatif antara 4 sampai 5 tahun pada berbagai variasi usia. Sepuluh persen lainnya, antara 2 sampai 3 bulan fase sisanya mengalami kebotakan dengan cepat. Mayoritas mengalami kerontokan rambut antara 50 sampai 100 helai rambut tiap hari.

Saat rambut mulai rontok, pertumbuhan rambut baru yang berasal dari follicle (kantung rambut) yang sama menggantikan yang telah rontok. Pertumbuhan rambut baru ini kurang lebih ½ inchi tiap bulannya.

Kerontokan rambut yang mengarah kebotakan akan dialami jika angka kerontokan melebihi jumlah regenerasi rambut yang tumbuh, ketika rambut baru lebih tipis dari yang rontok atau saat rambut tumbuh hanya pada pada sebagian kecil di kulit kepala.

Androgenetic alopecia disebabkan faktor keturunan. Walaupun mayoritas diderita kaum pria, tapi bukan mustahil diderita wanita. Sisi lain pada riwayat dari androgenetic alopecia pada keluarga anda akan meningkatkan resiko kebotakan.

Alopecia areata diklasifikasikan sebagai penyakit yang terkait dengan antibodi dari sistem kekebalan tubuh. Penyebab pastinya belum bisa dipastikan. Faktanya, orang yang menderita kebotakan dari jenis ini pada umumnya justru orang yang bagus kondisi kesehatannya. Riwayat keluarga dari alopecia areata menempatkan anda dalam resiko terkena kebotakan. Tidak seperti androgenetic alopecia, rambut akan tumbuh kembali walaupun membutuhkan waktu beberapa tahun.

Penyebab lain kebotakan sementara antara lain:

Penyakit tertentu. Diabetes dan infeksi kulit dapat menjadi penyebab kebotakan

Kurang gizi. Jika anda tidak cukup mengkonsumsi protein dan zat besi atau karena ketidakmampuan pencernaan menyerap nutrisi makanan, anda akan mengalami kerontokan rambut.

Efek pengobatan tertentu. Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk nyeri sendi, arthritis, depresi, masalah jantung dan tekanan darah tinggi dapat sebagai penyebab kerontokan rambut bagi sebagian orang. Pemilihan pil KB pada sebagian wanita terkadang juga memiliki efek yang sama.

Tindakan medis tertentu. Jika anda diharuskan menjalani prosedur kemoterapi atau terapi radiasi, anda akan mengalami kebotakan. Setelah prosedur ini berakhir, biasanya rambut anda akan tumbuh kembali.

Demam tinggi atau operasi tertentu. Kemungkinan rambut anda akan mulai rontok setelah 4 minggi sampai 3 bulan setelah sakit demam tinggi atau operasi. Tapi hal ini berlangsung sementara, dan akan tumbuh normal kembali seiring berjalan waktu.

Masa bayi. Bayi dalam masa pertumbuhan seringkali mengalami kerontokan rambut pada bulan-bulan pertama sejak lahir. Rambut bayi akan segera tergantikan dengan rambut yang akan dimiliki secara permanen. Hal yang biasa jika bayi usia 3 sampai 6 bulan kehilangan sebagian rambut dari kulit kepala karena gesekan pada tempat tidur. Rambut akan tumbuh saat bayi mulai bisa duduk.

Wanita pasca melahirkan. Sebagian wanita mengalami kerontokan rambut selama beberapa bulan setelah melahirkan dan dapat tumbuh kembali dengan sendirinya

Perlakuan pada rambut. Zat kimia yang digunakan untuk pewarnaan rambut, pelurusan dan pengeritingan dapat merusak dan merontokkan rambut jika digunakan terlalu banyak atau penggunaan dengan tidak semestinya.

Infeksi kulit kepala. Infeksi seperti kurap dapat menyerang kulit kepala dan mengakibatkan perubahan permukaan kulit kepala yang mengarah pada kerontokan rambut. Jika infeksi ditangani dengan baik, rambut umumnya akan tumbuh kembali.

Tindakan medis

Kebotakan, baik permanen maupun sementara sebenarnya tidak dapat disembuhkan Tapi tindakan medis tersedia untuk membantu tumbuhnya rambut kembali. Pada beberapa jenis dari alopecia, rambut dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa tindakan medis.

Tindakan medis yang efektif untuk kebotakan tergantung dari penyebab, stadium lanjut dari kerontokan, dan respon tubuh. Umumnya, tindakan medis tidak efektif jika rambut telah rontok terlampau banyak. Jenis obat yang telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) dari AS, diantaranya:

Minoxidil (rogaine). Obat ini telah disetujui untuk pengobatan kebotakan baik jenis androgenetic alopecia dan alopecia areata. Minoxidil berwujud cairan cenderung mirip gel yang diusap pada kulit kepala dua kali sehari agar rambut tumbuh kembali dan mencegah kerontokan.

Rambut yang baru tumbuh hasil penggunaan minoxidil sering lebih tipis dan bewarna lebih terang daripada rambut sebelumnya. Tapi bagi sebagian orang pemulihan tumbuhnya rambut ini sudah cukup untuk menutupi kebotakan yang dikombinasikan dengan rambut sebelumnya.

Rambut baru akan berhenti tumbuh saat anda berhenti menggunakan minoxidil. Jika anda mengalami hasil yang kurang siginifikan dalam 6 bulan, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk menyetop penggunaan minoxidil. Efek samping pengguaannya antara lain kekeringan dan iritasi pada kulit kepala.

Finasteride (propecia, proscar). Resep pengobatan ini untuk kebotakan pada pria dalam bentuk pil yang diminum tiap hari. Banyak pria yang minum resep ini, kerontokan rambut yang dialami menurun. Seperti minoxidil, hasil positif membutuhkan waktu beberapa bulan. Hentikan pengobatan jika tidak ada perubahan setelah 12 bulan.

Efek samping yang jarang terjadi dari penggunaan finasteride adalah menurunnya gairah seks dan fungsi seksual. Pada wanita, penggunaan finasteride tidak mendapat persetujuan karena akan membahayakan kelahiran bayi.

Cortisone. Injeksi dari cortisone pada kulit kepala digunakan untuk kebotakan jenis alopecia areata. Tindakan ini biasanya diulang tiap bulan dan umumnya hanya menyebabkan ketidaknyamanan yang tidak begitu berarti saat injeksi dilakukan. Cortisone dalam bentuk pil terkadang juga diresepkan untuk kerontokan yang berkelanjutan.

Anthralin (drithocreme, micanol). Tersedia dalam bentuk krim atau salep, suatu substansi sintetis untuk kulit dengan cara digunakan sebagai keramas tiap hari. Tipikal yang dimiliki akan merangsang tumbuhnya rambut baru dari kasus ringan alopecia areata.

Prosedur operasi

Transpantasi rambut dan operasi pada kulit kepala dilakukan pada kebotakan jenis androgenetic alopecia. Selama transpantasi dari ahli dermatologist (dokter spesialis kulit) mengoperasi dengan ‘menempelkan’ kulit tipis yang masing-masing terdapat satu sampai beberapa helai rambut, mulai dari bawah atau samping kulit kepala. Transplantasi ini dilakukan pada kulit kepala yang mengalami kebotakan. Beberapa kali sesi transplantasi dibutuhkan untuk kebotakan yang disebabkan faktor keturunan.

Operasi dengan membuang sedikit kulit kepala dilakukan dengan cara mengambil kulit dari daerah yang botak. Selanjutnya, bagian tersebut ditutup menggunakan kulit kepala yang telah ditumbuhi rambut.

Prosedur operasi untuk tindakan kebotakan dilakukan dengan biaya mahal dan seringkali terasa sakit. Jika anda tertarik dengan prosedur ini, pastikan anda memilih dokter ahli kulit atau dokter bedah plastik yang kualified.

Jika anda menginginkan alternatif tindakan lain untuk kebotakan atau tidak menginginkan tindakan apapun, anda mungkin punya cara lain yaitu mempertimbangkan penggunaan wig (rambut palsu). Rambut palsu dapat menutupi kebotakan baik kebotakan permanen maupun sementara. Di pasaran, tersedia beragam pilihan yang terlihat seperti rambut alami.

1 comments:

petrix said...

thx atas infonya. kepala gw botak soalnya neh hehehe

Post a Comment