MULTIPLE OFFERS

Multiple Offers atau penawaran kerja dari dua atau lebih perushaan kepada pencari kerja yang datang pada saat bersamaan, sering kita alami di dalam kehidupan sehari-hari para pencari kerja.

Contoh Multiple Offers yang sering terjadi adalah, ketika kita mendapatkan panggilan dari perusahaan A agar hadir pada tanggal dan hari tertantu untuk keperluan wawancara misalnya, tiba-tiba beberapa waktu kemudian kita mendapatkan panggilan dari Perusahaan B untuk melakukan tes psikologi pada waktu dan jam yang sama dengan perusahaan A.........klo sudah gini gimana jadinya????

Menurut Marky Stein dalam salah satu bukunya yang berjudul Fearless Interviewing, dalam satu sisi hal ini baik bagi para pencari kerja, karena sang pencari kerja dapat memilih perusahaan mana yang menawarkan pekerjaan yang bona fide.

Hal yang bisa dilakukan kita sebagai pencari kerja adalah: Pertama, hubungilah perusahaan kedua yang memberi kabar kepada kita, lakukanlah negosiasi, katakan saja secara jujur bahwa kita sudah terlebih dahulu berjanji kepada perusahaan A untuk wawancara di hari dan jam yang sama. Apabila pihak perusahaan tetap meminta anda untuk melakukan pilihan, maka langkah yang Kedua adalah, mau tidak mau kita tetap harus memilih dan menentukan pilihan. Namun sebelum kita menentukan pilihan, kita dapat melihat peluang diterimanya kita di dua atau lebih perusahaan yang memanggil kita. Sehingga walaupun kita tetap harus memeilih, kita pilih yang peluang diterimanya paling besar.

Menjatuhkan pilihan kepada salah satu perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada kita adalah hal yang sangat logis. Harus disadari bahwa kita sebagai pencari kerja memang harus memilih salah satu dari tawaran kerja tersebut, dan terkadang suatu pilihan atau keputusan yang kita buat memang harus mengkorbankan yang lain. Namun menurut saya ada baiknya sebelum menjatuhkan pilihan tersebut kita membuat analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) dari adanya tawaran pekerjaan yang kita terima.

Yang menarik menurut saya adalah ketika kita mendapatkan Multiple Offers, selalu ada kelebihan dan kekurangan dari tawaran pekerjaan tersebut.....lantas, bagaimana kita memutuskan pilihan kita?

Saran saya adalah, pilihlah berdasarkan apa yang terbaik menurut kita masing-masing. Nilai kita masing-masing individu tidaklah sama. Tentukanlah salah satu tawaran pekerjaan yang membuat kita merasa nyaman dan bahagia di tempat kerja. Nilai uang atau gaji memang sangat penting, tetapi uang atau gaji bagi kebanyakan orang bukan menjadi faktor utama di dalam kepuasan kerja (motivasi berkarir).

Hal-hal lain yang menjadi nilai-nilai pribadi kita atau motivasi berkarir sendiri perlu kita pertimbangkan masak-masak seperti, keluarga, kebebasan, kreativitas, nilai sosial, spiritual dll. Sebagai contoh, apabila nilai yang saya anut adalah nilai keluarga, maka apabila saya harus bekerja diwaktu-waktu yang menyita waktu keluarga saya misalnya sering lembur hingga jam 9-10 malam, maka saya pasti tidak akan merasa betah karena kepikiran dengan keluarga saya di rumah. Walaupun gaji yang saya terima adalah 6 juta/bulan ditambah bonus-bonus lain dan tentunya ada uang lembur!!!.

Oleh karena itu tentukanlah terlebih dahulu nilai-nilai yang anda anut, namun tetaplah harus mempersiapkan mental bekerja dan fleksibel apabila ingin sukses. Sekali lagi saya tekankan bahwa setiap orang tidak selalu sama akan prioritas nilai-nilai yang dianut.

Untuk itu saya berikan sedikit tips dalam memilih tawaran pekerjaan yang datang kepada kita, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan,

Pertama adalah kesesuaian antara tawaran yang ada dengan pengalaman kerja kita, kemampuan kita dan minat kita.

Kedua, jenis perusahaan yang kita harapkan untuk dapat berkarir dengan baik, perusahaan lokal vs multinasional, perusahaan pribadi vs perusahaan terbuka.

Ketiga adalah sifat pekerjaan yang ditawarkan, sejenis posisinya vs promosi.

Keempat, seberapa besar peluang kita untuk mendapatkan posisi tersebut, seberapa banyak perkiraan kita dan keunggulan kita terhadap para pesaing-pesaing kita.

Ok...Semoga Sukses !!!

0 comments:

Post a Comment