MUNDUR DARI PEKERJAAN ANDA ?

Suatu hari pastilah kita merasakan kejenuhan dengan pekerjaan dan salah satu yang terbersit di pikiran adalah hengkang dari pekerjaan lama, mencari pekerjaan baru. Namun benarkah kita ingin mengundurkan diri, yakinkah atas keputusan penting tersebut ? Ingatlah bahwa kompetensi meraih peluang pekerjaan saat ini sangat penuh persaingan, apalagi bila pertimbangan kita kurang masak.

Berbagai alasan yang menyebabkan kita terkadang terburu-buru dalam mengambil keputusan mengundurkan diri, misalnya saja gaji yang tidak naik-naik, tekanan pekerjaan dari pimpinan, tekanan persaingan kerja dari teman kantor, jam kerja yang tidak manusiawi, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, tidak mendapat upah lembur, atau bahkan mungkin godaan tawaran pekerjaan yang lebih mudah dengan hasil yang tampaknya lebih banyak. Ingat-ingatlah apa pertimbangan kita dulu saat memutuskan untuk menerima pekerjaan ini, benarkah hal-hal tadi sudah pernah kita pikirkan.

Ada baiknya kita bertahan dulu di pekerjaan yang lama. Jadilah karyawan yang bermutu, kreatif, bisa bekerja keras, serta mampu melaksanakan tugas yang dibebankan dengan sungguh-sungguh karena tidak sedikit perusahaan yang sangat menghargai loyalitas karyawannya. Perlu diketahui juga bahwa uang dan jabatan yang ingin kita raih pasti akan mengikuti irama bekerja kita. Semakin sigap kita melangkah maka semakin cepat juga cita-cita kita tercapai.

Dan siapa tahu setelah mengetahui hasil kerja kita selama ini, kita akan diberikan posisi lebih baik, lebih tinggi, basah atau mungkin berkenalan dengan relasi yang menawarkan jabatan baru yang lebih baik lagi, hal ini sering juga terjadi !

Namun bila kita merasa benar-benar yakin dengan keputusan akhir dengan berpamitan pada pekerjaan lama, ada baiknya kita berpamitan dengan baik. Bukankah kita masuk dengan baik-baik juga ??

Tidak sedikit dari kita yang kurang memperhatikan tata krama bila mengundurkan diri. Tidak perlu terlalu kaku hingga terkesan birokrasinya berbelit-belit atau malahan terlalu santai hingga tidak pamit pada siapapun jugaĆ¢€¦wah kalau seperti ini, bisa-bisa kita dianggap pembelot !

Ada dua cara yang bisa kita lakukan saat akan mengundurkan diri yaitu :
1. Menyampaikan secara lisan
2. Menyerahkan surat pengunduran diri

Pada saat kita menghadap pimpinan atau bagian HRD untuk menyerahkan surat tersebut hendaknya jauh-jauh hari sebelumnya, setidaknya sebulan sebelum kita mengundurkan diri. Mengapa begitu ? Banyak perusahaan yang memberikan aturan main seperti ini karena mereka juga perlu mempersiapkan calon pengganti kita. Sampaikan pengunduran diri kita dengan sopan serta berikan alasan yang kuat, jelas, tidak bertele-tele, dan yang penting ... jangan emosional ! Gunakan juga tata bahasa yang baik dan lugas.

Ada baiknya bila kita mencari informasi dulu mengenai peraturan di perusahaan agar tidak merugikan diri sendiri ataupun merugikan perusahaan. Karena semua tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Dan untuk kebaikan kita sendiri sebaiknya mengundurkan diri di akhir bulan, agar tetap dapat menerima gaji untuk bulan tersebut !!

0 comments:

Post a Comment